Kata Kata Bijak

Kata Mutiara Bijak Motivasi Inspirasi

Kata Kata Mutiara Bijak Menepati Janji

Seringkali kita mendengar pepatah janji adalah hutang, atau dengan kata lain ketika kita sedang membuat janji dengan seseorang maka sebisa mungkin harus bisa ditepati. Karena jika kita sering mengingkari janji akan membuat kita tidak dipercayai orang lain. Namun apabila memang benar-benar tidak bisa menepati janji sebaiknya sesegera mungkin meminta maaf kepada orang yang sudah janjian dengan kita. Jangan sampai membuat orang lain menunggu karena bisa saja mereka menyempatkan waktu untuk kita, sementara kita meningkarinya begitu saja tanpa pemberitahuaan.

Berikut ini adalah kata kata mutiara menepati janji yang diharapkan dapat dijadikan pegangan bagi kita semua agar selalu dapat menepati semua janji yang telah kita sepakati sebelumnya. Semoga dengan beberapa baris kalimat berikut ini dapat menjadikan kita seseorang yang tidak pernah ingkar janji, karena janji yang tidak ditepati adalah sebuah hutang yang harus dipertanggunga jawabkan di hari akhir nanti.

Kata Kata Mutiara Menepati Janji Adalah Hutang

Anda bukan seorang pahlawan super yang mampu melakukan banyak hal, karena itu jangan memiliki ribuan janji. Anda cukup memiliki satu janji, dan berusaha mewujudkannya dengan sempurna.

Anda membangun kepercayaan dengan kerja keras yang tinggi. Setiap anda melanggar janji, anda memberi retakan pada kepercayaan tersebut.

Anda menjadi mulia saat menepati satu janji, bukan saat mengucapkan seribu janji.

Antara janji besar dan janji kecil tidak terlalu berbeda. Saat tidak ditepati kedua-duanya berpotensi menyebabkan suatu kerugian yang besar.

Beberapa orang orang dimulikan meskipun tidak memenuhi janjinya. Mereka adalah orang yang telah berusaha dengan semaksimal mungkin.

Berjanji satu atau dua hal adalah hal bagus. Tapi memenuhi hari dengan janji-janji yang sulit dipenuhi adalah bentuk bunuh diri.

Hanya pembohong yang terlalu mudah untuk mengucapkan janji. Dan jika dia ternyata orang yang menepati janji, maka pasti ia akan dikelilingi oleh stres yang tinggi.

Hidup dikelilingi orang yang tidak menepati janji bukan alasan untuk ikut menjadi orang yang melanggar janji.

Jangan hanya belajar memenuhi janji. Tapi belajarlah juga cara untuk mengatakan “tidak” saat seseorang meminta anda untuk berjanji.

Jangan pernah menjanjikan hal-hal kecil yang tidak anda seriusi kepada anak anda. Karena anak anda akan mengigatnya, dan saat anda tidak menepatinya, anak anda akan belajar untuk tidak menepati janji.

Janji paling sulit untuk anda penuhi adalah menepati semua janji yang pernah anda ucapkan.

Kita tak bisa memastikan sebuah janji akan terwujud, kita hanya mampu bersuaha mewujudkan janji tersebut.

Lebih baik berusaha untuk tidak berjanji daripada berusaha mencari-cari alasan atas janji yang tidak dipenuhi.

Menepati janji adalah suatu kebijaksanaan yang mutlak harus dilakukan, dan tidak mengucapkan janji adalah salahsatu bentuk kebijaksanaan lainnya.

Meskipun anda berhasil menjelaskan alasan anda tidak menepati janji, selalu ada hal buruk yang ditimbulkannya.

Sebuah janji dapat memberi kekuatan jika diucapkan pada orang, waktu dan untuk alasan yang tepat.

Setiap kali anda melanggar janji, dibutuhkan puluhan kali penepatan janji untuk mengembalikan tingkat kepercayaan kepada anda.

Tak ada gelar istimewa bagi orang yang paling memiliki banyak janji, dan berusaha keras menepatinya. Tapi gelar itu terkadang diberikan pada orang yang hanya memiliki satu janji dan menepatinya dengan sangat indah.

Terkadang membuat seseorang mengucapkan janji, sama dengan memberi mereka siksaan. Jangan memaksa seseorang mengucapkan janji krena keterpaksaan akan melahirkan ketidaknyamanan.

Terus berusaha adalah bentuk pengucapan janji yang elegan.

Salah satu hal yang patut kita contoh adalah orang-orang yang selalu menepati janjinya. Atau dengan kata lain orang tersebut selalu amanah dalam ucapan. Bagi yang dengan terpaksa tidak menepati janjinya ada baiknya segera untuk meminta maaf dan menunjukan rasa penyesalan karena ingkar janji. Jelaskan alasan yang masuk akal mengapa tidak bisa menepati janji yang sudah di buat sehingga orang yang kita ajak janjian tidak lagi menganggap kita tidak menepati kesepakatan.

Updated: September 22, 2016 — 9:06 am
KataBijakBagus.com © 2016